Coretan yang Ringan dan Jelas
Sekelumit Kisah penulis tentang hobi bulutangkis nya, penyakit nya yang asam urat, kisah sepeda dan kisah hidupnya nya kembali terkenang karena facebook.
MENGATASI HONDA SUPRA X 125 TIDAK KUAT MENANJAK
Pilihan saya jatuh pada Honda Supra X 125 R (HSX), warna hitam strip merah, peleg racing. Hari pertama mengendarai sepulang dari dealer Honda Supra X 125 memang mantap, tarikan enteng, akselerasi lumayan dan stabil, khas Honda. Namun saya menjadi bertanya2 ketika Honda Supra X 125 ini saya pake untuk lewat jembatan layang di Jogja. Di jogja ada 2 jembatan layang, Janti dan Lempuyangan. Berat dan tenaga seakan habis di tengan tanjakan. Servis 500 KM pertama pun kami lalui dan keluhan disampaikan ke bengkel resmi, jawabnya biasa motor baru belum stabil dan ditambah katanya ban depan kurang angin. Kurang angin alias gembos itu jawaban yang sampai sekarang bikin saya dongkol. 20 th mengendarai sepeda motor dianggap saya tidak bisa membedakan tarikan berat karena mesin atau karena gembos, sialan tuh mekanik.
Setelah KM melewati 1500 KM, Kawasan pegunungan Merapi di Kaliurang menjadi percobaan kekuatan motor. Ternyata saya kecele alias kecewa, saya pikir ini motor tangguh ternyata memble, masuk kawasan pakem Honda Grand maupun Supra lama masuk Gigi 4 dan dengan kecepatan 80 KM/jam masih ok, nah ini motor baru cuma bisa masuk Gigi 3 dan kecepatan mak 6o KM/jam, makin ke utara makin kasihan nih Honda Supra X 125 cuma bisa di gigi 2 dan kecepatan 30 KM/jam, makin parah 1 km menjelang TPR Kaliurang hanya mampu masuk gigi 1. Saya masih berpikir karena ini motor baru jadi belum pas mesinnya.
Sampai di kawasan Kaliurang untuk putar2 kawasan itu hanya mampu maksimal gigi 2 untuk jalan menikmati pemandangan.
Setelah KM 2000 masuk ke bengkel resmi lagi dan disampaikan lagi keluhanya dan jawabnya untuk Honda Supra X 125 akan stabil di KM 3000 km, hahahahaha memang demikian ya motor produksi baru.
Setelah 3000 km kawasan hutan Mangunan di Imogiri Bantul menjadi lajang ujicoba, mau tahu hasilnya saudara-saudara….. istri saya terpaksa saya minta turun karena motor masuk gigi 1 dan suaranya mengerikan dan benar-benar tidak bisa diajak kompromi, dan ironisnya di lokasi tersebut saya di salip oleh motor Honda yang sudah tua dan lebih ironis lagi didahului oleh motor merk lain produksi lama. Saya masih berpikir mesin motor saya belum stabil dan ini kelainan saja.
Cerita-cerita dengan temen sekantor ternyata ada yang mengalami hal sama bahkan sampai mogok dan setelah dingin mesin baru bisa nyala lagi. Akhirnya KM mencapai 4000 dan masuk ke bengkel resmi lagi dan saat itu saya sampaikan betul keluhan tidak kuat nanjak pada Honda Supra X 125 ini, dari mekanik yang menerima dengan ramah keluhan saya, dia menyampaikan dengan tertawa bahwa banyak sekali keluhan pada Honda Supra x 125 ini dan keluhannya sama tidak kuat nanjak. Dia menerangkan ini akibat dari persaingan motor cepat lain merk yang memang lagi booming dengan iklannya yang gencar di TV. Sang mekanik menerangkan kalau kecepatan dan akselerasi di jalan datar diutamakan maka Roda Gigi belakang akan dikecilkan maka akselerasi akan mampu bersaing dengan motor merk lain tetapi akibatnya kalo untuk menanjak akan kewalahan, dan ini memang terbukti pada Honda Supra X 125 ini.
Kemudian saya tanya bagaimana mengatasinya agar kuat menanjak, dia menyampaikan roda gigi belakang sebaiknya diganti yang lebih besar standar Honda GL. Saat itu juga Honda Supra X 125 saya minta diganti seperti saran dia, tetapi ternyata suku cadangnya habis karena telah banyak Honda Supra X 125 yang minta diganti roda gigi belakangnya.
Hanya karena persaingan akselerasi akhirnya moto Honda yang raja tanjakan menjadi berubah, Semakin Pasrah.
169 Responses
Leave a Reply

saya pake revo juga sama kendalanya begitu, malu dah klo mesti lewat tanjakan, mending saya dorong pura2 mogok drpada denger suara mesin yg kya ‘ngeden’ , tp capek juga dorong..haha
yg prtma bs jd krena stelan klep in dn klep out tdk pas, jdi hrus d stel ulang (sy lpa pulak ukurn klep msk brapa, klep kluar brapa).
yg kedua mslah rantai dn gir yg terlalu kcil di tmbh lagi torsi supra x 125 ini yg hny 4000rpm yg membuat tarikan awalny berat, saran dy, ganti rantai yg lbh bsr (ukuran standar 420) gnti yg ukurn 428, llu gnti gir dpan ukuran 14 yg utk rantai 428. gnti gir blakg ukran 37 atau 38 yg utk rantai 428.
Yg ketiga bs jdi krena kmpas kopling yg sudah haus, solusiny gnti yg bru.
Yg keempat, bs jd krena mesin overheat (kepanasan) yg mnyebabkn performa dn akselerasi mnurun ktika dlm prjalanan menanjak yg trlalu lma dn panjang, solusi coba gnti oli yg lbh kental (20w – 50)
Sy uda nerapin ini ke supra x sy, dn hsilny sngat enteng dlm menanjak dn mengejar akselerasi
Smoga bs membantu buat pengguna supra x 125 yg mngalami gk kuat menanjak
tpi mnurut gw emng rata2 motor bebek 125 cc mesin datar emng lelet nanjaknya bro, cz gw jga pemakai 125 tpi SR125 Suzuki. kalo ditanjakan Subang arah tangkuban prahu ntu motor pake gigi 2, kadang ampe 1.
bndingin dngan yg punya kaka JZ110 ditanjakan emang enteng larinya, jarang2 ampe gigi 1, tpi dijalan lurus 90kpj aja dah kasihan.
Y terpaksa hrus berhenti dlu sampai mesin ny dingin..
ya terpaksa hrus berhenti dahulu smpai mesinny dingin
Baru coba neh solusi ramuan temen. Ane Ganti gear set pakai punya new supra fit yang rationnya mendekati Jupiter MX, sama Carburator pilot jet & main jet di taikin 1step rencana bulan depan ane tes lagi ke puncak mudah mudahan oke melibas tanjakan puncak. tes di jalanan datar oke pada gigi4 lumayan ndak ngedrop. masih perlu tesssss Gan…Buat Team Honda harusnya malu tuh mekaniknya pada kagak bisa jawab. Trial n Errorrrrrrrrrrrr,
punya ane ga masalah gan,mungkin msh bagus koplingnya kali,hehe….suprax125D standar 2008 jari jari KM 46000 mesin semua standar, cuman pengapian deket busi pake 9p***r ma busi standar + oli standar ..,masi pake gir 35 bawaan motor,..menurut ane emang kelemahan suprax125 itu di tanjakan,memang ane akuin sih, tapi soal top speed maknyooss bener pa lagi ketemu jalan lempeng kya ke jogja..tapi suprax125 ane kuat di tanjakan kok asal jago ngurut gas nya bener,maksimalin tiap gigi nya….ni hasilnya tanjakan Gekbrong Cianjur gigi 3 sendiri ato boncengan masih sanggup..,tanjakan tangkuban perahu arah bandung gigi 3 tapi kalo udah puncaknya mah gigi 2 jga msh bisa,hehe…
yang penting kondisi motor harus selalu fit rajin servis aja kok….
tapi overall ane puas ma suprax125 ane udah bnyak suka dukanya ma ni motor selama pake ke luar kota atau touring….
ane punya motor HSx 125 th 2011..sebenernya ga terlalu ada masalah buat nanjak..yang penting pinter-pinter oper giginya aja..
cuma masalahnya di top speed nih..ane blm prnah tembus ke 100..baru 80 atau 90 aja suara mesinnya udah menyeramkan..
Minta sarannya gan..maklum ane masih awam bgt sama yang namanya otomotif..thanks..
Mending agan disini yang HSXnya seperti itu
Dicoba ganti busi platinum cop busi kitaco atau lebih bagus lagi pakai punya mobil kijang. + nine power. pj mj naikin satu step ukuran asli pilot jet35 mainjet75 jdi pj38 mj80 stel lagi karburatornya.masih kurang ganti piston yang kepala datar. Piston ori HSX cekung itu juga ngaruh gan ama masalah nanjak.soalnya kompresi kurang bgt kaga pas ama rangka gambot HSX yg berat. Kagak perlu ganti gir set dah. Punya ane gigi 2 bisa nanjak gan.
biar kuat nanjak (udah ane terapin sendiri dan ane yang stel senditi juga)
#klep in dan out di stel 0,1 mm (minta aja ama mekaniknya distelin tapi pake feeler gauge(lidah pengukur celah klep) biar akurat,emang agak berisik mesinnya tapi dijamin puas dan tidak menyebabkan kerusakan jika menggunakan oli 20w-50 (saran pake castrol)
#ganti spuyer PJ pake ukuran 42 (pake punya supra lama) MJ pake punya BLADE ukuran 85
#pake gear honda blade
#pake 9power (opsional)
#ganti per kopling pake HRP ato per kopling TK
ane jamin 1000% semua permasalahan nanjak ilang selamanya dan ane jamin tahan lama..
biar kuat nanjak (udah ane terapin sendiri dan ane yang stel sendiri juga)
#klep in dan out di stel 0,1 mm (minta aja ama mekaniknya distelin tapi pake feeler gauge(lidah pengukur celah klep) biar akurat,emang agak berisik mesinnya tapi dijamin puas dan tidak menyebabkan kerusakan jika menggunakan oli 20w-50 (saran pake castrol)
#ganti spuyer PJ pake ukuran 42 (pake punya supra lama) MJ pake punya BLADE ukuran 85
#pake gear honda blade
#pake 9power (opsional)
#ganti per kopling pake HRP ato per kopling TK
ane jamin 1000% semua permasalahan nanjak ilang selamanya dan ane jamin tahan lama..
0,1 mm atau 0,10mm sama saja
tapi, klo jalanan di kota gw baru jagoin 125R, dia lebih stabil dijalanan datar dan juga lebih halus tarikannya…
stelah konsultasi ma mekanik langganan ane (bukan AHASS, dari baru mtor ane gak pernah masuk AHASS, servis gratis aja utuh tu kupon nya :p) ,
langsung aja servis besar, stel klep, ganti gear blakang 38, rantai msh pakai yg 420, besok nya brangkat touring Jogja – Sarangan via Tawangmangu.. lancaarrr bossss…. (ane bawa boncenger + motor dah pake box). Tapi konsumsi bbm 1 liter buat 35-40km aja .. hehe jadi supra boros..
Waktu service perdana di km 300 karena mesin sudah nggak enak, sampe sekarang (km 1218) motor sudah 4 kali masuk ahass (nggak normal, mestinya baru 1 / 2 kali) mekaniknya nggak bias ngatasin masalahnya.
apa semua sama kaya saya? apa mesti ganti gear set? -_-
hadeeee…
bndingin dngan yg punya kaka JZ110 ditanjakan emang enteng larinya, jarang2 ampe gigi 1, tpi dijalan lurus 90kpj aja dah kasihan.
.Ganti piston sonic o.s 50….
.Ganti karbu koso 24mm
.Ganti noken as..di bubut juga boleh..
.Pake kopling manual .
.Per kopling smash.
.Busi denso iridium.
.Oli shell helix.ganti 2 kali sebulan,,,
.Knalpot ahau
.Gear dpn 13 mata..gear blakang 36….
.spek ini suda bisa lewatin satria f 150 standar…top speed nya 144 kpj…
trus dah gt suara mesinnya aneh kl mesin suhunya udah panas terdengar suara kecek..kecek..kecek.. cukup keras tar kl suhu mesinny udh turun suara mesinnya normal lg pdhl ni mtr br setaon umurnya.
trims..
Gak tau juga sih apa dan seberapa risikonya terhadap performance mesin.
Biar suhu2 yg kasih pencerahan. CMIIW
Ane juga pake HS Helm.In dan udah lulus Jakarya-Sawarna via jalur ekstrim Cikidang dan Cisolok.
Tapi ya itu, beberapa kali musti pake gigi 1, untung gigi 2 nafasnya agak panjang jadi kalo jalur naik-turun bisa stand by di gigi 2, tapi kalo gak dapet kecepatan awal yg tinggi (misal krn jarak motor di depan pendek ato jalur
berliku) maka keliatan dah cupu-nya tuh motor. Selama perjalanan cuma bisa ngimbangin temen ane yg bawa mio
.Ane prefer ganti gear belakang ke 38, tapi masih galau rante-nya perlu berapa panjang, soalnya kayaknya nih motor agak lebih panjang dari seri bebek2 honda yg lain. Mungkin ada suhu yg bisa bantu pencerahan.
Thanks
sya jg ksel bgt nih pake hsx 125r . bru sebulan make mtr rasanya kga enak bgt baik di tnjakan maupun di trek lurus . mesinnya berisik ada suara “teketeketeketeketeketek” klo mesin udah panas . jujur awalnya pgn bli yamaha jupiter mx , udah suaranya keren , dibawanya jg enak mpe gigi 5 pas nyobain pnya temen. tpi krna bokap gak setuju dgn yamaha dan lbh suka tuh raja bebek sialan yaudah akhirnya sya ikutin kemauan bokap,(maklum bokap udah klop bgt sama mtor” honda) lgipula awal sya liat jg modelnya bagus dan suaranya lbh halus. eeeeeehhh trnyata pas plat dateng dan di pke ke jlan ,blm mpe sebulan . keanehan byk terjadi ama nh mtr . sumpahh rasanya hati sya dimainin ama nih mtr , klo pagi” brgkt krja kya.a syg ma nh mtr , tp klo pas dpke jalan jauh bwaannya mumet bgt ma suara teketeketeketeknya . malu”in ..
setelah sya jlasin smwnya ke bokap akhirnya dy baru paham . dan dia sendiri yg menyarankan tuk oper kredit dan beralih ke yamaha , tp wlpun dy masih sdkit ada rasa ragu utk ngelepas raja bebeknya,, sya akan cepat” jokul nih mtr mumpung masih cling n muluus bodynya :) dan juga sblum bokap brubah pkiran :D
Ane minggu dpnw kepuncak jd ap yg hrus abe gantu biar hsx an bisa brsaing dgn mtor2 tmn ane yg lain nya?
Moho pencerahan nya gan
utk bunyi tek.tek.tek dimesin sblh kanan dulu pernah bunyi,tapi setelah saya ganti merk oli dgn sh*ll HX7 suara tek.tek nya hilang dan lebih halus,lari pun oke dtrek lurus..
utk dtanjakan krna yg pke bkn saya jd blm tau klw hsx 125 payah dtanjakan,kebetulan sproket gear set jg udh aus n memang ad rencana mau ganti..
saya sendiri pengguna suzuki fd 125 tahun 2004,gear set asli sama dgn hsx 125 yaitu 14/35 memang agak payah dtanjakan makanya di fd 125 saya skrg pke ratio 14/37 tarikan jadi oke n tanjakan lmyn mulus..
rencananya mo saya aplikasikan ke hsx 125 babe ane..
oia,sebisa mungkin hindari penggantian ukuran ukuran gear dpn dikarenakan sensor kecepatan mtor hsx 125 ada di gear dpn,sehingga apabila terjadi perubhan gear dpn dpt menyebabkan kesalahan (error) pd penunjukan kecepatan di spidometer..
salam..
saya punya supra X 125 R thn 2011,, mengenai mesin nya ok ??? tp knapa yach setelah sya melakukan sevice ko malah ada bunyi dibagian seher seperti bunyi besi yang beradu….????
itu knapa ych…..
rante keteng nya jg sdh di ganti,, tapi masih aja bunyi itu ada….???
mohon info nya….
mkasih,…. :)
sejatinya supra standar vs blade standar kalo untuk nanjak2 ane yakin entengan blade standar???
knapa???kan supra ccnya lebih gede 15 cc dari blade???
ini permasalahanya cenderung kepada gearbox ratio dan final gear rationya hsx 125,
Menurut saya ahm merancang motor ini agar punya top speed yang lumayan tinggi, terbukti dengan dipakainya gear rasio berat,,lihat saja final gearnya (gear rantai) depan:15 belakang:35..kalo blade ratio ringan jadi akselnya mantap, tapi top speed menang hsx di jalan datar..
kalo mau enteng di tanjakan dan tarikan joooz beli saja gearset new blade..lumayan belakang naik 2 mata, punya blade depan:14 belakang:37, tapi bakal mengorbankan top speed.
mohon pencerahan ya? thanks :)
gw pikir, mungkin ada banyak solusi ut masalah macam ini. ut motor gw masalahnya paling2 berkitar di setelan katup yg salah. tp telepas masalahnya bisa atau tidak diatasi, yg bikin ane merasa kecewa adl ternyata tidak semua motor honda absolute revo begitu. absolute-revo2 yg lain normal-normal aja. artinya, ada kemungkinan motor gw cacat produksi. artinya, di pabrikan honda selalu terbuka kemungkinan ut melepas produk yg cacat produksi ke pasaran, alias kualiti kontrolnya ga teliti! (dan yg nanggung semuanya tentu kita penggunanya sebab honda ga mungkin gantiin motornya)
ini mgkin skedar perspektip lain bro. bwt kita yg pengguna honda yg mungkin kadung percaya sm reputasi honda. soalnya bukan pd apakah masalahnya bisa diatasi atw tidak, tp bhw di manajemen honda itu ternyata kemungkinan ut melepas produk yg cacat produksi itu aganya peluangnya besar
dari kekecewaan yang sangat mendalam. seliter bensin hanya untuk 30 km dan di tanjakan disalip ma honda mandra… :( sekian
nb:inget gan,motor harus waras alias sehat..
2. Nah kasus berikutnya saya membenarkan masalah yang dialami Dodi diatas, hal serupa juga saya alami ketika asyk menggeber dijalanan lurus pasti timbul suara berisik yang tidak meyenangkan gan :-(
seperti bunyi kipas radiator gitu.. nguiiiingg… ngiungggg… wiingggg… winnggg…. kurang lebih seperti itu,, apa itu jeritan mesin atau apa saya tidak tau, yang pasti harus menurunkan kecepatan agar bunyinya reda… perlu dicatat bahwa muncul bunyi saat kecepatan ± 95km ke atas :'(
ngeri juga kalo keluar suara itu dikecepatan 90km/jam dan juga malu alias tengsin mesin 125 di kecepatan 90km/jam bunyi nguwingg…nguwinggg…padahal yg 110cc aja anteng2 aja…
Agan Dodi masih enak dapat jawaban dari mekanik AHAS walaupun jawabannya terdengar ngawur (bunyi saringan udara)…
Di bengkel resmi honda saya sudah mengeluhkan pada mekanik tanpa mendapat jawaban, malah mekaniknya sok tahu seolah2 mengerti apa yang user keluhkan & lagaknya sok oke kerja, sepulangnya dari bengkel saya coba menggeber motor dan ternyata hasilnya tidak ada perubahan :-(
solusi terbaik,,,,ganti motor,,ane mau beralih ke jupi mx,,hehehe tapi msh pikir dulu,,karena masih sayang bgt ama ni supra.. :)
1.Pas motor baru kluar dr dealer, langsung service ringan plus gnti oli.
2. Test top speed smpe mentok d gigi 4 kurang lebih 3x trek.
3. Hbis d test spuyer d perbesar 5 poin dr ukuran standar.
4. Klo ganti CDI Racing mahal, klo m’nurut saran gua mendingan dudukan spul d coak dikit.
5. Pasang kopling manual.
6. Rante di buang 1 mata.
7. Ganti per kopling racing.
8. Filternya d buang yg d pasang box’a aja.
9. Buka seher terus bersihin, biasanya ada kerak yg nempel walau motor baru.
10. Knalpot bobok/racing.
11. Bensin pertamax..
12. Stang d turunin, klo bisa ganti stang mio (yg second aja biar murah), biar pas lg top speed motornya ga goyang, jd biar ttp stabil..
Dgn 12 cara lu cman ngluarin duit ga lebih dari 650, top speed mtor HSX 125 bisa nyampe 140 kpj..
Malah motor gua bisa mentok di 155kpj,
ga percaya, skrg tinggal pake logika, itu motor d spido top speed 160 kpj, brarti pihak honda ngedesain motor Hsx bisa mencapai 160kpj, cman sma pihak pabrik d limit, nah tugas pengguna cman tinggal berpikir gmn caranya kecepatannya bisa maksimal, dan caranya ya yg di atas..
Itu pengalaman gua bos, tapi jujur motor gua boros total, dulu gua prnah turing k puncak start d pondok cabe, keadaan motor baru, gua hbis duit buat bensin cman 15rb pp (premium), tpi skarang 70rb sjalan(pertamax),,,
Selamat Mencoba….
Jangan Kebut-Kebutan di jalan Umum, selain resiko kecelakaan, ternyata berpengaruh terhadap performa kendaraan….
Terus akhir akhir ini saya nemu settingan yang lumayan(motor saya servis sendiri),anatra lain
-seting klep,in-ex sama= 0,03mm ukuran ini saya dapat browsing di internet,pertama gak yakin karena kecil sekali,tapi yah nekat aja.
-busi standart celah 0,6mm
-lepas katup choke di karburator,jadi gak pakai choke.
Udah gitu aja,lainnya standart full,dan hasilnya besar sekali perbedaannya. putaran bawah sampai atas tenaga ngisi terus.Yah berimbanglah dengan performa Shogun 125.Kalo biasanya jalan lempeng jalan 70 mesin dah gak enak,sekarang 80 mesin masih enak.Cuman untuk di tanjakan belum sempat nyoba lagi.Rencana secepatnya dites lagi ditanjakan G Kelud,untuk dicari lagi apa yang perlu disempurnakan.
yg lain semua OK
cuma kalian harus stell ulang skep n klep nya . . .
coba pke stell an klep 0,12 : 0,14 dan jarum skep nya harus d tengah agar tetap stabil . . .
trus ganti ban blakang dengan ban tubles dengan angin CO2 agar lebih ringan jgn O2
selamat mencoba . . .
trus per kopling nya diganti
dijamin maknyus
Diganti gear lebih besar bagian belakang ttp aja kurang kuat.
Kalo diganti yg lbh besar gear belakang di jalan track lurus datar larinya pasti ga bs kenceng alias ANEH !!!
apa mungkin karena gir belakang kecil x ya….
mendingan supra fit saya th 2006…di gigi 2 masih bisa nanjak…
Mungkin pelek racing(bintang,palang)pngaruh juga x.
Berat hsx 125R ma 125D kira2 slsih 2kg an.
Kalo bunyi ctak ctok saat oper gigi, itu btuh stel baut kopling.
Sya pake oil cstr*l aktif,
Kalo suara nguing2 saya dnger saat kcpatan 60 km/jm. Tp ga tau sebabnya.
Top sped y paling 100km/jm. Tp klo ada barengan(lawan) bisa naek cuma 105 mpe 110 aj.
Niat y sih pngen ganti gearset merk sss ukuran 14/36 rante 415.
Kita tidak bisa membandingkan supra x 125 dengan honda lama yaitu kelas c100 ataupun motor lainnya….
Supra x 125 di desain untuk mengimbangi kompetitornya yaitu shogun 125 ataupun jupiter mx… Yg menjadi blunder pihak honda adalah menghilangkan ciri khas ke Honda annya.. Mereka menciptakan mesin dengan tarikan gigi panjang untuk menciptakan keiritan bensin motor… Jadi pengalaman saya pribadi kalau mau nanjak pakai supra X125 silahkan tarik motor secara maksimum
Gigi 1 : sd 40km/jam
Gigi 2 : sd 70km/jam
Gigi 3 : sd 95km/jam
Ketika menanjak dan kecepatan dibawah 35km/jam silahkan agan” oper ke gigi 1 secepatnya, jadi tidak kehilangan tenaga dan power motor… Maklum motor ini torsi tinggi tapi tenaga lemah.. Beda sama pendahulunya yg torsi rendah tapi tenaga tinggi, jadi nanjak gigi 2/3 pun tetap bertahan ( honda klas c100 )
Honda c100 ( grend / legenda / prima / supra x 100 / fit )
Gigi 1 : maks 25km/jam
Gigi 2 : maks 50km/jam
Gigi 3 : maks 70km/jam
Sedangkan kompetitor supra x125 yaitu shogun 125 punya torsi lebih tinggi sedikit dri supra dan tenaga yg jauh lebih besar dri supra.. Jadi kalo kita pakai supra x 125 secara spek jauh tertinggal dri shogun baik di jalan lurus maupun tanjakan.. Dengan catatan berat badan pengendara sama berat dan jalan kosong ” bukan adu nyali atau drag ya gan” :)
Smoga bermanfaat buat agan” yg biasa memakai honda lama( torsi rendah tenaga besar ) dan sekarang harus memakai honda baru ( torsi tinggi tenaga kurang )
Malahan, sesudah buat nanjak rantainya kendor…
si SUPRI ngajakin lari mulu pa lagi kalo buat turing jauh (makin panas mesin makin akselerasi joss) ms brooooo :D
1>=25
2>=45
3>=90
4>=123″
tapi udah si supra udah masuk angsuran ke 9, hemm… baru ngerasain deh penyakit nya, padahal rutin service and olinya…
cape deh supri… tertipu karena rupanya…
setangnya enteng banget ya??kalo buat speed di atas 70 motor kurang stabil,di tambah lagi dengan badan saya yang kurus berasa banget gak setabilnya, agak goyang gitu.
tapi kalo buat boncengan motor setabil.
ada solusi agan2 semua..
motor baru dua bulan yang lalu…
begitu juga ane gan, buat salip truk di jalan raya yang agak nanjak aja ngeden banget.. Jadi takut mau salip, takut kedahuluan sama mobil/motor dari lawan arah…..
Kecewa banget.
Baru kali ini saya pilih honda.hasilnya tidak sesuai dengan yang di iklankan. inilah POTRET HONDA INDONESIA yang selalu puas dengan keadaan saat ini. kalau anda melihat ke belakang, kala itu ada honda C 70 atau CB 100 sampai sekarangpun sudah 40 tahun tidak ada perubahan yang berarti ke Supra X 125 atau Mega Pro maupun Tiger. artinya basic mesinnya masih menggunakan mesin Jadul. Mesin CB masih bisa dijejali onderdil mega Pro maupun Tiger. Bila ada produk baru, yang beda cuma Cover bodynya aja. Coba tengok Produk Thailand.. misalkan pada waktu itu mengeluarkan NSR 150 kemudian keluar NSR 150 RR lalu disusul lagi dengan NSR 150 SP, dimana tiap seri yang dikeluarkan baik performa maupun tampilan sangat jauh perbedaannya. padahal negara kita adalah pemakai sepeda motor terbanyak di asia tenggara.mungkin di Dunia. inilah gambaran kemajuan Otomotif di negara kita. SEPERTINYA MEKANIK JALANAN LEBIH PANDAI DARI INSINYUR YANG BEKERJA DI PABRIKAN HONDA.. DI INDONESIA. itulah ironi nama besar HONDA. trims….ex anak motor.
dari lembang ke bandung lewat desa langensari keluar dago sangat ngos-ngosan istri saya harus di tinggal…. parah……
Untuk keluh kesah agan2 sekalian tuh ane punya solusinya semua. Ane udah bergelut di seputar mesin hsx 125. Untuk motor yang masih dibawah km 4000, tolong jangan di bawa ke tempat extreme atau menarik gas kaya yang kesetanan. Karena mesin motor masih dalam tahap pemuaian atau endrayen. Karna jika gagal dalam masa itu, motor tidak akan maksimal pemuaiannya dan tidak.akan mendapatkan tenaga full.
Untuh motor yang udah lebih dari km 5000, ane saranin ganti gear set yang ukurannya 14 – 38 dengan ketebalan 240 (ane pake merek daytona)
Spuyer naikan hingga 2 step. (dari pilot jet-main jet asal 35-75 menjadi 38-78) sebenarnya itu saja sudah cukup untuk mendongkrak tenaga si supri. Jika masih kurang, dapat di ganti knalpot dengan type free flow, porting n polish lubang klep in dan ex, ganti cdi dengan yang non limiter, ane saranin BRT karena sudah terbukti cocok buat honda.(untuk perubahan CDI non limiter harap berhati hati karena bisa melampaui kemampuan putaran mesin. Jangan membentak gas sekaligus, levih baik nengayun gas sehingga mesin tidak cepat aus). Penggantian cdi ini dapat menghemat bbm hingga 20%
Per kopling ganti dengan tdr dan kanvasnya juga.
Perubahan semua itu bisa mendongkrak hingga 4hp. Top speed yang pernah di raih hingga 130kmpj. 0-100kmpj hanya dalam jarak 150m.
Ane pernah ngebulin fu, mx. Motor ane hanya kalah top speed saja karna linear boring masih standar.
begitu saja sharing saya. semoga bermanfaat. thanx.
Soalnya saya buat belajar mesin dan modifikasi peningkatan mesin secara ototidak
Dan juga karena hoby
jadi sekarang saya servis besar atau kecil sendiri di garasi rumah: )
keep brotherhood and safety riding always
gear standar yang di gunakan oleh motor yang baru yaitu no 35 nah supaya kuat menanjak ganti dengan gear no 38 atau 40 namun kekurangannya di jalan datar kekuatannya agak berkurang
pengalaman sy adlh mengubah seting gir blkg pakai 1 set tromol revo beserta gir blkg revo bermata 36, rantai pk supra x 100..untuk trek prgunungan gir dpn pk mata 13 pny legenda, klo harian cukup pk gir legenda mata 14, klo touring pk mata 15 pny supra x100…dijamin ke3 seting ini puas utk beda kondisi perjalanan…catatan asal kita mau repot gonta ganti gir dpn maka smua tenaga yg kita mau dr Kharisma/supra x 125 akan kita dpt
sy pk kharisma dr thn 2004-skr tanpa masalah n blm.pernah skalipun bongkar mesin ato ganti spare part padahal tiap hari rmh kantor 60km, sbulan 2x plg mudik 170kmx2…aman2 aj asal kita tau cara memperlakukan mesin dgn baik n tau dmn batas mauny mesin..cukup memahami apa maunya mesin…thx ya bs share dsni..
Ganti gir set dgn yg yg rasionya 14-40 dgn spek 428. Catatan di motor saya : ban belakang ukuran 90-90. Kompresi masih sama, 9,3:1. Gak kuat nanjak, lewat. Paling kalau di tanjakan, gw cuma kalah dari yg 150cc. Kalau mx 135cc, masih menang injek gw.